Adat Jawa: menghitung waktu 1000 hari (nyewu) meninggalnya seseorang (geblake si mayit)

Dalam beberapa adat jawa yang kita lihat ada beberapa acara yang sering kita saksikan diantarangan selamatan meninggalnya seseorang, entah itu selamatan untuk 3 hari , 7 hari, 40 hari seratus hari, pendak sepisan, pendak pindho dan yang terakhir sebagai puncaknya adalah nyewu (1000 hari), lalu bagaimana menentukan hari selamatan itu? Apa mesti kita hitung satu persatu dari hari meninggalnya ato bagaimana, nah ini ada cara yang praktis.Tapi sebelum kita mulai kepada cara untuk menghitung hari kematian maka lebih baik kita mengenal dulu sistem penanggalan jawa, karena hari kematian dihitung berdasarkan penanggalan jawa.

Dalam sistem penanggalan jawa seperti yang kita kenal (ato sering kita tahu) terdiri dari 12 bulan dalam 1 tahun yaitu:

  1. Suro.
  2. Sapar.
  3. Mulud.
  4. Bakdomulud.
  5. Jumadilawal.
  6. Jumadilakhir.
  7. Rejeb.
  8. Ruwah.
  9. Poso.
  10. Sawal.
  11. Dulkangidah
  12. Besar.

Sedangkan dari tiap-tiap bulan tersebut dibagi dalam beberapa hari yang disebut dengan pasaran yang siklusnya berputar yaitu:

  1. Kliwon.
  2. Legi.
  3. Paing/pahing.
  4. Pon.
  5. Wage.

Nah, setelah mengetahui pokok dari penanggalan jawa tersebut( karena dalam penanggalan jawa masih dibagi dalam beberapa kriteria lagi. Sekarang mari kita mencoba rumus yang saya dapatkan dari ebooknya pak Suwardi SINKRETISME DAN SIMBOLISME TRADISI SELAMATAN KEMATIAN DI DESA PURWOSARI, KULON PROGO ;

Urutan selatan meninggalnya seseorang adalah sebagai berikut;

I.  Geblag atau selamatan setelah penguburan

2. Nelung dina atau selamatan setelah tiga hari kematian

3. Mitung dina atau selamatan setelah tujuh hari kematian

4. Matangpuluh dina atau selamatan setelah 40 hari kematian

5. Nyatus dina atau selamatan setelah 100 hari kematian

6. Mendhak sepisan atau selamatan setelah satu tahun kematian

7. Mendhak pindho atau selamatan setelah dua tahun kematian

8. Nyewu atau selamatan sete1ah seribu hari kematian

Ad1. Geblag atau selamatan setelah penguburan, cara menentukan waktu selamatan (hari dan pasaran) geblake  si mayit digunakan rumus jisarji yang berarti hari ke satu dan pasaran ke satu atau harus dilaksanakan pada hari itu juga, atau tidak boleh ditunda.

Ad2. Nelung dina atau selamatan setelah tiga hari kematian, cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran nelung dina digunakan rumus lusarlu, yaitu hari ketiga dan pasaran ketiga. Maksudnya, jika ada seseorang yang meninggal dunia pada hari Jum’ at Kliwon waktu selamatan nelung dina jatuh pada hari Minggu Paing. Pelaksanakan selamatan biasanya dilakukan malam hari menjelang hari dan pasaran ke tiga atau melem (menjelang) Minggu Paing.

Ad3. Mitung dina atau selamatan setelah tujuh hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran mitung dina digunakan tusaro, yaitu hari ke ketujuh dan pasaran kedua. Maksudnya, jika orang meninggal dunia pada hari Jum’ at Kliwon maka selamatan mitung dina jatuh pada hari Kemis Legi.

Ad4. Matangpuluh dina atau selamatan setelah 40 hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran matangpuluh dina digunakan rumus masarma, yaitu hari kelima dan pasaran kelima. Jika hari geblagnya Jum’at Kliwon, maka matangpuluh dina jatuh pada hari Selasa Wage. Tepatnya perhitungan yaitu setelah kurang lebih selapan (35 hari) atau atau selapan dina hari Jum’ at Kliwon barn dieari bari Selasa Wage.

Ad5. Nyatus dina atau selamatan setelah 100 hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan bari dan pasaran digunakan rumus perbitungan bari rosarma, yaitu bari kedua dan pasaran kelima. Jika ada orang meninggal dunia pada bari Jum’ at Kliwon, maka selamatan nyatus dina jatuh pada bari Minggu Wage. Cara menentukan adalah dengan mengbitung atau mencari Minggu Wage setelah hari kematian berjumlah (genap) tiga bulan. Setelab tiga bulan berarti sudab mencapai kira-kira 90 bari dan tinggal menentukan 10bari lagi segera mencari bari Minggu Wage.

Ad6. Mendhak sepisan atau selamatan setelah satu tahun kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran mendhak pisan digunakan rumus patsarpat yaitu hari keempat dan pasaran keempat. Maksudnya jika ada orang meninggal dunia pada hari Jum’ at Kliwon maka selamatan mendhak pisan jatuh pada hari Senin Pon setelah hari kematian genap satu tahun.

Ad7. Mendhak pindho atau selamatan setelah dua tahun kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran mendhak pindho digunakan rumus jisarlu, yaitu hari kesatu dan pasaran ketiga. Cara menghitung adalah setelah satu dua tahun dari hari kematian (geblag) dieari pada bulan yang sama dengan pada waktu meninggalnya. Jika ada orang yang meninggal pada hari Jum’ at Kliwon berarti mendhak pindho jatuh pada hari Jumat Paing.

Ad8. Nyewu atau selamatan setelah seribu hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan hari dan pasaran seribu hari (nyewu) digunakan rumus nemsarma yaitu hari keenam dan pasaran kelima. Cara menghitung dengan menentukan hari setelah waktu kematian setelah menjelang tiga tahun atau setelah kurang lebih 2 tahun 10 bulan segera dieari hari yang cocok. Jika meninggal hari Jumat Kliwon selamatan nyewu jatuh pada bari Rabu Wage.

Nah perhitungannya seperti itu bro.

About these ads

118 responses to “Adat Jawa: menghitung waktu 1000 hari (nyewu) meninggalnya seseorang (geblake si mayit)

  1. matur nuwun sanget, mugi dados seserepan ingkang migunani

  2. Salam, ini merupakan kunjungan pertama saya, memang saya belum mengerti benar tentang topik yang anda bahas, namun stelah membaca tulisan anda, pengetahuan saya tentang adat istiadat di Indonesia semakin betambah, sungguh menakjubkan. Saya salut dengan blog anda, salam hormat saya artav 2011.

  3. Maturnuwun sanget, bro.
    Mugi kabudayan kita kang luhur tansah lestari.

  4. Trima kasih bro….
    ini berguna banget… untuk menghitung 100 hari dan seterusnya

  5. Slm kenal_Saya blm faham tentang adat jawa sm skali… saya bingung, krn hbs ini 1000hari ne2k saya tp g tau jatuh pd tgl bln n hari apa?!.
    Catatan saya, waktu 100 hari ne2k saya jatuh pd tgl 24-07-2009.
    minta tlng diBls secepat’nya, saya tunggu… Trim’s!

    • 1000 hari jatuh pada selasa pon 10 januari 2012. Perhitungan saya 100 hari jatuh pada 24 juli 2009, jadi dengan rumus ro (2) sar(pasaran) mo(5), maka nenek sdr meninggal pada tgl rabu 15 april 2009 sore sehingga sudah masuk pada penanggalan jawa kamis wage, sehingga dengan rumus diatas hari keduanya adalah jum ‘at pasaran kelimanya adalah pon, jadi 100 harinya jatuh pada jum ‘at pon tanggal 24-7-2009. Kalo di hitung harafiah april 30 hari-15(karena meninggal tgl 15), mei 31 hr, juni 30 hr, juli 24 hari(pas slametannya) jadi 15+31+30+24 sama dengan 100 hari. Nah sekarang yang 1000 hari, dengan rumus nem(6) sar(pasaran) mo(5), sesuai tulisan saya maka setelah di hitung kira2 dua tahun 10 bulan maka selamatan 1000 hari kira kira di bulan januari 2012 , nah tapi tepatnya kapan? sabar dulu bro, ngetiknya pake hp nih. Agak terengah2. Nah karena meninggal pada kamis wage maka dihitung dulu kamis(1) , jum ‘at(2), sabtu(3), minggu (4), senin (5), selasa (6), jadi jatuh pada hari selasa. Trus selasa yang mana? Ingat rumus pasaran kelima. Jadi karena meninggalnya di wage, di hitung lagi wage(1), kliwon(2), legi(3), paing (4), pon (5), jadi nyewu(1000 ) hari jatuh pada selasa pon di tahun 2012, liat tanggalan yang baru tak download(sampai sebegitunya lho) selasa pon jatuh pada tanggal 10 januari 2012. Kalo mau hitungan harafiah, tahun 2009 dari meninggalnya nenek ada 260 hr, th 2010 ada 365 hari, th 2011 ada 365 hari, th 2012 ada 10 hari.(ingat jatuh di tanggal 10 jan 2012), jadi semua 260+365+365+10 sama dengan 1000. Mudah2an berguna.

  6. Kalau meninggalnya hari jumat legi tanggal 17 juli 2009, kapan 1000 harinya mas ? tks

  7. Salam kenal Saya belum faham tentang hitungan tanggal adat jawa sam sakali… saya bingung, kami habis ini 40hari kakak saya tapi masih ragu mengitung jatuh pd tgl bln n hari apa?!.
    Catatan saya, meninggalnya pada tanggal 23 Desember 2011.
    minta tolong diBalas secepat’nya, saya tunggu… Thanks

  8. nenek saya mnggal tgl 26 des 2009, seribu harinya kapan ya?

  9. saya tidak mau melakukan kesalahan dalam menentukan selamatan 1000 hari mbakyu saya ytc., tapi kok ya masih juga belum paham mengenai perhitungannya, almarhumah wafat pada tanggal 22 juli 2009 malam hari sekitar pk. 20.30an… saya pernah diajarkan bahwa perhitungannya cukup dengan menghitung tahun wafat (2009) + 3 tahun, kemudian 22 juli ditambah dengan 90 hari… apa benar bahwa selamatan 1000 harinya almarhumah jatuhnya di bulan oktober 2012? mohon konfirmasi.. maaf sudah merepotkan. matur nuwun sanget, njeh…berkah dalem…

    • Nyuwun sewu bro, menawi etangan kulo nyewu mbak panjenengan dawah senin kliwon 16 april 2012. Perhitungan saya begini. Geblake tgl 22 juli 2009(rabu legi) . Jadi dengan rumus nem sar mo, maka nyewu jatuh pada senin kliwon.(rabu1, kamis2, jum’at3, sabtu4, minggu5, senin6), trus (legi1, paing2, pon3, wage4, kliwon5). Trus dihitung 2 tahun 10 bulan setelah meninggal , jatuh pada bulan april 2012. Cari di bulan april 2012 yang jatuh pada senin kliwon tanggal berapa jawabanya tgl 16 april 2012. Sekarang coba hitung harafiah. Juli 31-22=9 hari. Agustus=31 hari Sept=30 hari Okt=31 hari Nov=30 hari Des=31 hari Kesemuanya =162 hari. Tahun 2010= 365 hari. Tahun 2011= 365 hari Jan 2012= 31 hari Peb 2012= 29 hari Maret 2012= 31 hari April 2012= 16 hari(karena jatuh tgl 16) Kesemuanya =107 hari. Jadi kalo di jumlah 162+365+365+107=999 hari. Adakan nyewu setelah lepas ashar(karena meninggal sudah lepas ashar), sehingga genap 1000 hari. Kalo perhitungan mas tadi 3 tahun= 3653=1095 hari + 90 hari= 1185 hari. Semoga membantu.

  10. Terus terang saya orang Jawa tapi krn besar merantau kemana-mana jadi tdk buta sama sekali ttg itung2an nyewu. Kalau berkenan saya minta tolong kapan (tanggal/bulan/tahun masehi) nyewu nya isteri dan anak saya. Isteri meninggal tgl. 7 Januari 2010, anak tgl. 10 Mei 2010. Terimakasih

  11. maaf,saya mau tanya kapan tanggal dan bulan,tahun untuk 1000 hari meninggalnya alm bpk saya yg meninggal 21 juni 2009..terimakasih

  12. mas mo nanya 1000 hr jatuh pd tgl brapa ya lau meninggalnya 8 juni 2009 n tanya weton utk tgl lahir 13 april 1980, 25 mei 1978, 30 nopember 2003, 25 februari 2008

    mohon dijawab segera ..

  13. meninggal 13 maret 2010 kapan 1000 harinya

  14. Kalau hanya cari hari saja itu mudah bro. Tapi cara menghitungnya yang tidak ditampilkan. Soale ndak ada yang bisa. Kalau punya rumusan beritahu aq ya…..

  15. Ass, nyuwon sewu ngeh, kulo niki badhe tanglet selametane nilare tiang sepoh kulo, taing sepoh kulo nilar dhinten kemes pon tanggal jowo 7 masehi 9 juni 2011, lan kulo badhe mendhak sepisan niku tanggal, dhinten lan pasaran nopo ngeh? minurut itungan kulo dhinten Akhad legi, namong kulo mboten ngretos tanggal pinten ing wulan juni 2012? lek maju itungane pinten dinten lek mundur itungane pinten dhinten? soale akhad legi niku ing wulan juni 2012, moten wonten akhad legi, wontene akher mei 28 mei 2012, dhos pundhi ngeh? waslam.

  16. Mas Bro, saudara ipar saya meninggal 17 april 2011 (minggu Kliwon), harusnya kalo tidak salah mendak 1 nya jatuh pada tanggal 5 april 2012? betul ya?… tapi karena nenek kami di luar kota pada minggu itu jg meninggal, kami belum sempat mengadakan acara mendak 1 untuk saudara ipar saya.. apakah boleh diadakan di lain hari? kalo boleh kapan sebaiknya dilakukan? terimakasih, mohon petunjuknya.. salam

  17. Suami sy meninggal 9 juni 2011 pkl 4 sore. dr perhitungan hari itu jatuh kamis pon, stlh sy hitung berdasarkan rumusan diatas, maka seribu harinya adalah di hari selasa pahing, apakah ini benar? Sy ingin tahu jatuh di hari apa utk kalendar masehinya. terimakasih

  18. slm kenal,minta maaf tolong di hitungkan 1000 harinya kalau meninggal tgl 11-09-2009 hari jum’at pahing jam 17.00

  19. kalau meninggalnya 25 september 2009 seribu harinya kapan ya?

  20. maturnuwun sanget, artikelipun…

  21. Mau Tanya saudara saya meninggal tanggal 7 agustus 2011 jatuh mendak 1 , 2 Dan nyewu tanggal kapan bos

  22. mau tanya ibu saya meninggal pada yanggal 25 nopember 2010..
    terus kapan 1000 harinya ya??

  23. Kalau meninggalnya ibu saya tanggal 25 nopember 2010, kapan 1000 harinya mas ? tolong dibalas secepatnya

  24. aslm,wr,,anak saya meninggal pada tgl 8 april 2012 hari minggu pahing jam 5 sore,,,kapan 100 harinya dan kapan 1000 harinya,,,saudara/i yg trkasih tlng d hitungkan,,,dan tlng d bls,,sblm dan sesudhnya sya ucapkn bnyk trimakasih..tlng d maafkn bila ad kata ,tulisan dan ucapan yg salah

  25. widiyanto erna

    pakde saya meninggal sabtu pon, tgl 24 Juli 2010. tolong dihitungkan untuk pendak pindho dan nyewunya…..sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih

  26. mau tanya adik saya meninggal senin kliwon tgl 12 april

  27. mau tanya peringatan 1000 hr adik sy jatuh pd hr apa ya lupa tahunnya klau ndak 2009 ya 2010… meninggal pd hr senin kliwon 12 april sblm dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih

  28. mau tanya ayah saya meninggal dunia pada tgl 29 syawal 2009 senin pagi jam 04.10.untuk seribu harinya jatuh pada tgl berapa ya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  29. egi hedya ramadhani

    kalau misalnya meninggalnya pada Hari Rabu Legi,11 Agustus 2010 skitar pukul 02.30 WIB, Mendhak Pindho sama Nyewunya jatuh pada hari dan pasaran apa? serta tanggal dan bulan apa?
    Trimakasih

  30. Salam..
    Ayah saya orang jawa, tapi kami anak-anaknya kurang paham.
    Tolong dibantu untuk perhitungannya.
    Meninggal 1 Juni 2012 Jam 06.45
    Terimakasih…
    Wassalam

  31. Kok gak dibalas-balas ya? saya lihat e-mail jg ga ada. Tks

  32. Ntuk Mas Manto, terimakasih sekali atas bantuannya.
    tapi kok perhitungannya sesuai kalender nasional, bukan sesuai kalender Jawa/ Pitung?

  33. orang yang meninggalnya hari minggu wage malam senin kliwon tanggal 26 desember 2009, nyewunya atau 1000 harinya kapan?

  34. kalau meninggalnya tanggal 20 September 2010, mendhak pindo dan 1000 harinya kapan ya? Terima kasih

  35. rosarmo-nya setu wage mas………….

  36. Ad5. Nyatus dina atau selamatan setelah 100 hari kematian, Cara menentukan waktu selamatan bari dan pasaran digunakan rumus perbitungan bari rosarma, yaitu bari kedua dan pasaran kelima. Jika ada orang meninggal dunia pada bari Jum’ at Kliwon, maka selamatan nyatus dina jatuh pada bari sabtu Wage. Cara menentukan adalah dengan mengbitung atau mencari Minggu Wage setelah hari kematian berjumlah (genap) tiga bulan. Setelab tiga bulan berarti sudab mencapai kira-kira 90 bari dan tinggal menentukan 10bari lagi segera mencari bari sabtu Wage.

  37. kalo meninggal tanggal 4 Januari 2010, senen paing, jam 19.30, 1000 harinya kapan ya broo

  38. mohon saya dihitungkan untuk 1000 hari wafatnya ayah saya, yang saat meninggal jatuh pada hari 25 Nopember 2009.
    Terima kasih atas bantuannya

  39. mohon saya dihitungkan untuk 1000 hari wafatnya kakek saya, yang meninggal pada tanggal 20 januari 2010 (rabu pon)

  40. Kang, minta tolong ya, Ibuku meninggal Rabu Pon 12 Oktober 2011 pukul 09.15. Kalo selametan 1 tahun, 2 tahun dan 1000 hari nya jatuhnya tanggal berapa ya?

  41. Agustinus siswandi

    Mhn dihitungkan untuk 40 hari, 100 hari, mendak pisan,mendak pindo lan 1000 hari untuk ayah saya yang meninggal pada hari Selasa pon,tanggal 7 Agustus 2012 jam 13.30 WIB, nuwun

  42. salam kenal,kl meninggal tgl 12 oktober 2011,kr2 pendak sepisane masuk tgl n bulan brp y pak.makasih

  43. mas keluarga saya kesulitan ngitung setahun kematian nenek saya kalo bersedia mohon bantuannya,,, tanggal kematiannya 27 september 2012..setahun kematiannya tanggal berapa ya mas??? :O terimakasih

  44. mas… saya mhon bantuan krna ada perbedaan pendapat dalam menentukan 1000 hari ayah. meninggalnya desember 17 2009 sore, kamis legi…

  45. ms ayah saya meningal tgl 9 april 2010 hari jumat kliwon..kapankah 1000 harinya..terima kasih bantuanya….

  46. nenek saya meninggal 4 febuari 2010, nyewunya kapan yah?? suwun

  47. kalau ayah saya meninggal senin legi jam 10 dan empat puluh harinya apa?

  48. sebelumnya ucap terimakasih atas jawaban yg saya inginkan,nenek saya meninggal tgl 9 januari 2010,kapan 1000 harinya?

  49. kalau meninggalnya kak Karel rabu wage 21 April 2010. kapan 1000 hari nya ? makasih

  50. mohon bantu….nek meninggalnya rebo wage mendak pindonya apa yah

  51. saya mau tanya untuk mendak 1 kluarga saya jatuh hari apa.
    untuk geblaknya hari kamis pon tgl 1 desember 2011 jam 10 pagi
    mohon informasinya

  52. indah,nop 20,2012 at 8:45 pm
    saya mau tanya,bapak saya meninggal tgl 31 mei 2010,rabu pon,tanggal berapa 1000 harinya,mohon informasinya

  53. Bapak meninggal tanggal 19 Juni 2010, hari sabtu Pon… kapan 1.000 harinya..? suwun

  54. Min, kakek saya meninggal 10 april 2010, 1000 harinya kapan ya? Mksih bantuannya min

  55. bro,mo nanya nih. bokap meninggal hr jumat pon tgl.30 april 2010, kira2 acara 1000 harinya jatuh tgl brp ya? thx

  56. Mas Bro… Menghitung 1 tahunnya untuk mendak sepisan pake kalender masehi apa jawa apa arab ya….. mohon pencerahannya kalo meninggalnya ibu 24 Januari 2011 mendak sepisannya jatuh pada hari apa ya…

  57. jika ibu kami meninggal tanggal 4 oktober 2010 maka kira-kira kapan 1000 harinya?

  58. mas kalau meninggalnya tgl 26-07-2010,, tgl berapa 1000 harinya,, mohon di jawab secepatnya mas broo,,,.

  59. mohon dihitungkan Ibu saya meninggalnya tanggal 29 Mei 2010, tanggal berapa ya 1000 harinya? terimakasih dan mohon dibalas secepatnya

  60. Mas kalau meninggalnya tnggal 26 juli 2010,
    .1000 harinya kpan ya, , ,saya minta tolong mas.

  61. natalia rosalinda

    kalo meninggalnya tanggal 16 april 2012, 1000 harinya kapan ya, tlong mas ya

  62. ada contoh ucapan /tulisan di penutup box kenduri 1000hari org meninggal gak ya..? thx

  63. senin wage 5 juli 2010 jam 12.50 wib

  64. klo meniggalnya tanggal 5 juli 2010, 1000 hrinya kapan ?

  65. Achmad isrofi

    mas tolong saya dihitungkan 1000 harinya kekek saya,meninggalnya hari jumat paing tgl 17 sasi poso, trima kasih,Mohon dibalas

  66. meninggal 27 juli 2010 kapan seribu harinya

  67. assalamualaikum, aku mau tanya, nenek aku meninggal tgl 4 mei 2010. nyewu nya kapan ya mas? saya minta tlng bgt. . soalnya semua pada brdebt msalah 1000hr nenek saya

  68. sabtu kliwon tanggal 13 bulan 11 tahun 2010 , 1000 harinya hari apa ??

  69. jika meninggal 1 feb 2011 tgl berapa seribu harinya

  70. kl meninggalx 16 syawal sabtu legi, 1000harix kpn?? Tlg secepatx d bls. Makasi

  71. indrij ratsonko

    @bapak/ibu/pakde/bude/paklik/bulik/mas/mbak/adik:
    Anda semua sudah diberi tambahan pengetahuan tentang cara menghitung sesuai adat Jawa di Solosale.Wordpress ini.
    Mari kita coba menghitung sendiri lebih dahulu sebelum bertanya.
    Kita cocokkan hasilnya dengan bapak/ibu/pakde/bude/paklik/bulik/mas/ mbak/adik Solosale.
    Mana yang cocok dengan pilihan kita maka itu yang dipilih.
    Mangga sakkersa.

  72. mau tanya mas,,kalo meninggalnya 1 desember 2010,,1000 hari nya jatuh tanggal berapa ya,,maturswunnnn

  73. wuryaningsih

    mas, suami saya meninggal pada hari jumat legi tanggal 10 Agustus 2012, kapan ya jatuhnya mendhak 1tahun, 2 tahun dan 1000 harinya? suwun

  74. klu meninggal 3 agustus 2012,mendak sepisannya kapan…
    tlng dbls scptnya…terima kasih

  75. mas anak saya meninggal tgl 16 november 2010 kira2 1000 harinya tgl dan bln berapa
    mohon bantuannya terima kasih

  76. mas, ibuku meninggal tgl 11 agustus 2011/kemis legi.
    Trs q ngitung dino mendak pindo ne jatuh pas hari kemis pon.
    Bener ga y?
    Nuwun atas pencerahannya.

  77. kalo syukurn 2th org tua saya jatuh pada hari dan tanggal berapa ya mas meninggalnya pada 2 sept 2011 jam setengah 4 sore, mohon bantuannya sy coba pahami artikel di atas tapi g paham-paham, trim’s atas antuannya

  78. mau tanya hari jatuhnya 1000 hari meninggal pada hari minggu wage 7 november 2010?makasih

  79. kalo meninggal tanggal 4 Desember 2010 seribu harinya kapan ya Boz;?

  80. sy minta petunjuknya, kalau bpk sy meninggalnya sabtu kliwon tgl 17 nov 12, mendak 1 nya kapan. Tks

  81. mohon diberitahu jika meninggal pada tanggal 22 Februari 2011, maka 1000 harinya kapan nggih? maturnuwun sakderengipun

  82. Pingback: Santo.so

  83. kalau meninggalnya jumat pon pagi 24 suro 1944 31 des 2010 kapan 1000 harinya? matur nuwun.

  84. Salam kenal mas…begini mas maaf sy blm begitu paham, sy mau tanya ibunda q meninggal tanggal 29 september 2011, maka untuk hari ke 1000 itu jatuhnya tanggal bulan berapa y mas…tlg infonya mas…trima kasih.

  85. Mas mau tanya, kalau bapak saya meninggalnya rebo Legi tgl 09 Nov 2011.Hari pendak pindo nya kapan y mas?…makasih sebelumya.Terima kaqsih.

  86. Mas mau tanya, kakek saya meninggal pada tanggal 17 agustus 2011 pagi, 1000 harinya jatuh pada hari, tanggal, bulan dan tahun berapa ya… terimakasih… mhon bantuannya…

  87. benedictus kukuh sanyoto

    isteri saya meninggal 23 oktober 2010,kapan tgl yang tepat 1000 harinya ?

  88. ibu kami meninggal tanggal 21 januari 2012, tepat satu tahunnya kapan, mohon bantuannya

  89. dan mohon bantuannya, kalau ibu kami meninggal 21 Januari 2012,kapan tepat dua tahunnya

  90. minta tolong dihitungkan mendak 1 wafatnya bp tgl 28 des’2012 jatuh tanggal brp?

  91. SOLOSALE, bukankah hitungan hari dan pasaran tentang kelahiran dan kematian berbeda? Soalnya saya pernah dengar walaupun seseorang itu meninggalnya setelah pukul 18.00 bahkan pukul 24.00 pun masih termasuk hari itu juga. Berbeda dengan kelahiran yang sudah termasuk hari dan pasaran berikutnya setelah jam-jam terebut bahkan setelah Ashar. Bagaimana? Mohon penjelasan untuk pedoman selanjutnya. Maturnuwun.

  92. mau tanya mbah ibu saya meninggal rabu pon 29 juni 2011 seribu harinya kapan ya?

  93. adikku meninggal 27 dzulhijjah 1434H trus seribu harinya kapan ya….. makasih

  94. mohon penjelasan soal jam mulai hari, jam berapa menurut jawa pergantian harinya, apa akan berpengruh pada penhitungan harinya

  95. ms nderek tangklet nek meninggalnya senen wage juli tgl 25 2011 itu serbu harinya jatuh pda hari apa mohon direspon

  96. Kalo eyang saya meninggal tgl 11 februari 2013 seratus dan seribu harinya kapan ?

  97. christiana setiyawati

    Almarhum bapak saya meninggal tanggal 1 juni 2011 bada maghrib (malam kamis legi) kira-kira 1000 harinya tanggal berapa? (matur nuwun)

  98. jeffri tri kasinda

    nuwun sewu, nyuwun tulung, swargi bapak saya meninggal tanggal 17 April 2011 minggu kliwon< seribu harinya kapan y mas bro.maturnuwun

  99. info yg menarik, sampai yang komen banyak banget ya berjubel. trims infonya bos

  100. mas mint tolong dihitungkan 1000harinya ibu meninggal tgl 2juni 2011, untuk bapak pendak satunya meninggal tanggal 8 maret 2013 terima kasih

  101. kalau misalnya kita terlewatkan memperingatin 1000 harinya (kelebihan 1 bln krn lupa) harus bagaimana selamatannya?

  102. mas minta tolong dong dihitung,,bapak saya mninggal tgl 20 mei 2012,,sya mau mengadakan 2 tahun atau mendak pindo,,kapan ya mas,,,???

  103. mau tanya ,ayah saya meninggal tgl 5 nopember sabtu paing 2011 ,klau boleh tau 1000 harinya tgl brapa yach?

  104. gusnul halimah

    Mau tanya donk,,, kalau meninggalnya tanggal 7 November 2011
    1000 harinya kapan?

  105. Wah, untung ada ini… Kalo 1000 harinya utk alm yang meninggal 03 September 2011 bisa dihitungkan kapan ya ??

  106. kalau meninggalnya 5 oktober 2012 1000 harinya kapan

  107. Semoga blok ini masih aktif, mas mau tanya mama saya meninggal senin pahing, 15 oktober 2012, mendak pindonya kapsn ya? terima kasih.

  108. gak ngerti, mohon dihitungkan ya bro, kalo meninggalnya tanggal 14 Januari 2014 terus 1000 harinya kapan?…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s